Perakitan Sistem Pengisian Baterai LiFeP04 Berkapasitas 48V 20A untuk Mobil Listrik Polman Bandung dengan Sumber PLTS

Prasetyo, Fachrul Burhan (2024) Perakitan Sistem Pengisian Baterai LiFeP04 Berkapasitas 48V 20A untuk Mobil Listrik Polman Bandung dengan Sumber PLTS. D3 Laporan Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Manufaktur Bandung.

[thumbnail of BAB-1] Text (BAB-1)
KTI_BAB1_Fahrul Burhan Prasetyo.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (423kB)
[thumbnail of BAB-2] Text (BAB-2)
KTI_BAB2_Fahrul Burhan Prasetyo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB-3] Text (BAB-3)
KTI_BAB3_Fahrul Burhan Prasetyo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan kendaraan listrik semakin meningkat seiring dengan kesadaran global terhadap pentingnya pengurangan emisi karbon dan penggunaan energi terbarukan. Baterai LiFePo4 menjadi salah satu pilihan utama untuk kendaraan listrik karena keamanannya, umur panjang, dan kinerjanya yang stabil. Proyek akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem pengisian yang efisien dan andal untuk baterai LiFePo4 pada mobil listrik dengan menggunakan sumber daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mencakup analisis kebutuhan daya, perancangan sistem elektronik, dan pengujian kinerja sistem pengisian yang dibuat. Sistem ini terdiri dari panel surya, pengontrol muatan, dan charger khusus untuk baterai LiFePo4. Ssitem pengisian ini dilengkapi dengan fitur proteksi untuk menghindari overcharging, serta diintegrasikan dengan sistem manajemen baterai (Battery Management System) untuk menstabilkan kondisi sel baterai. Hasil proyek akhir menunjukkan bahwa sistem pengisian yang dibuat mampu mengisi daya baterai LiFePo4 dengan waktu 1jam 30 menit dimulai dari voltase terendah (47.9V) sampai voltase tertinggi (50,9V), dengan biaya pembuatan sekitar Rp 7.253.320,- dan mampu menjaga suhu baterai tetap aman.

Item Type: Laporan Karya Tulis Ilmiah (D3)
Uncontrolled Keywords: Baterai LiFePo4, mobil listrik, sistem pengisian Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Jurusan Teknik Manufaktur > D3 Prodi Teknologi Manufaktur
Depositing User: user perpus
Date Deposited: 24 Apr 2025 10:29
Last Modified: 24 Apr 2025 10:29
URI: https://repositori.polman-bandung.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item
View Item