Setiawan, Muhammad Rifqi (2024) Penerapan Computer Vision pada Sistem Pengejaran Benda Bergerak: Studi Kasus Robot KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) Beroda. Sarjana Terapan Laporan Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Manufaktur Bandung.
![[thumbnail of BAB-1]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1_Muhammad Rifqi Setiawan 220441013 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (561kB)
![[thumbnail of BAB-2]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2_Muhammad Rifqi Setiawan 220441013 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB-3]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3_Muhammad Rifqi Setiawan 220441013 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB-4]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4_Muhammad Rifqi Setiawan 220441013 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB-5]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5_Muhammad Rifqi Setiawan 220441013 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pengembangan Robot Sepak Bola Beroda dilakukan agar robot dapat melakukan permainan sepak bola di lapangan bola seperti layaknya manusia yang dapat melakukan pencarian, membawa, dan menendang bola bergerak. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui keberhasilan algoritma pendeteksian bola pada robot sepak bola beroda jika menggunakan algoritma YOLOv8 dan mengetahui keberhasilan algoritma pencarian shortest path antara robot dan bola pada robot sepak bola beroda jika menggunakan algoritma Dijkstra. Metode penelitian yang digunakan meliputi perancangan robot, implementasi YOLOv8 sebagai algoritma pendeteksi bola dan implementasi algoritma Dijkstra dalam lingkungan ROS, serta pengujian kinerja sistem navigasi pada robot omnidirectional di lapangan seluas 3x3 meter. Data dikumpulkan melalui sensor enkoder untuk mengetahui posisi robot dan kamera omnidirectional untuk mengetahui posisi bola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari ketiga skenario yang dibuat untuk pelatihan model, skenario ketiga merupakan skenario terbaik. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisa confusion matrix dan recall confidence curve yang cukup baik pada pendeteksian bola dari jarak 30 – 300 cm. Pengujian pendeteksian bola diam dan bergerak menunjukkan bahwa robot berhasil mendeteksi bola diam dan bergerak. Error jarak pada berbagai sudut: 0 derajat (-1.34%), 45 derajat (-9.6%), 90 derajat (-17.18%), 135 derajat (-23.8%), 180 derajat (-31.75%), 225 derajat (-10.71%), 270 derajat (14.89%), dan 315 derajat (14.72%). Selain itu, robot juga mampu mengejar bola bergerak dan diam dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi YOLOv8 dan Dijkstra efektif dalam pendeteksian dan navigasi bola pada robot sepak bola beroda.
Item Type: | Laporan Karya Akhir Mahasiswa (Sarjana Terapan) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Navigasi, YOLOv8, Dijkstra, Mobile Robot, ROS |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika > S.Tr. Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi |
Depositing User: | user perpus |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 10:08 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 10:08 |
URI: | https://repositori.polman-bandung.ac.id/id/eprint/416 |