Luthfi, Azzira (2024) Implementasi Kontrol SRM (Switched Reluctance Motor) Sebagai Pengendali Model Kendaraan Listrik. D4 Laporan Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Manufaktur Bandung.
![[thumbnail of BAB-1]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 _220341027_Azzira Luthfi_KTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB-2]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2_220340127_Azzira Luthfi_KTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB-3]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3_220341027_Azzira Luthfi_KTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB-4]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4_220341027_Azzira Luthfi_KTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB-5]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5_220341027_Azzira Luthfi_KTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penurunan cadangan bahan bakar minyak mendorong pengembangan kendaraan ramah lingkungan, khususnya kendaraan listrik. Switched Reluctance Motor (SRM) menjadi salah satu opsi penggerak kendaraan listrik yang banyak digunakan, karena konstruksi yang sederhana dan tangguh. Kendali PI (Proportional Integral) memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja SRM. Dalam penelitian ini, implementasi kendali PI pada driver SRM untuk model kendaraan listrik dijabarkan dengan penggunaan dinamometer hidrolik sebagai pembebanan, memungkinkan variasi simulasi kondisi berkendara. Penggunaan MATLAB sebagai antarmuka kontrol dan mikrokontroler Arduino memberikan pendekatan menyeluruh dalam mengembangkan sistem kontrol kendaraan listrik. Hasil penelitian model SRM sebagai representasi kendaraan listrik ini menunjukkan perbandingan torsi SRM dengan torsi kendaraan yaitu 1 : 139.69, pada kecepatan SRM 1500 rpm dan kondisi kemiringan jalan maksimum pada 0.15 rad. Implementasi kontrol SRM dengan pengendalian PI menggunakan Kp = 0.006159 dan Ki = 0.054752 menunjukkan respon sistem dengan delay time 1 detik, rise time 9 detik, peak time 12.5 detik, maksimum overshoot 1508 rpm (0.54% dari set point 1500 rpm), dan settling time 12.5 detik dengan toleransi steady state error sebesar 2% (±30 rpm). Implementasi pada plant memberikan performa yang lebih stabil dengan overshoot 0.54% namun settling time lebih lama sebesar 12.5 detik dibandingkan dengan simulasi pada simulink yang lebih cepat dengan settling time 0.1181 detik, tetapi overshoot lebih besar yaitu 8.881% (1633.21 rpm).
Item Type: | Laporan Karya Tulis Ilmiah (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arduino, Kendaraan Listrik, Kontrol PI, MATLAB, Switched Reluctance Motor (SRM) |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika > S.Tr. Prodi Teknologi Rekayasa Mekatronika |
Depositing User: | user perpus |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 09:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 09:21 |
URI: | https://repositori.polman-bandung.ac.id/id/eprint/87 |