Kaji Eksperimental : Sistem Regenerative Brake pada Motor BLDC

Rozi, Farhan Fachrul (2024) Kaji Eksperimental : Sistem Regenerative Brake pada Motor BLDC. D4 Laporan Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Manufaktur Bandung.

[thumbnail of BAB-1] Text (BAB-1)
1 Farhan Fachrul Rozi - BAB I+.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB-2] Text (BAB-2)
2 Farhan Fachrul Rozi - BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB-3] Text (BAB-3)
3 Farhan Fachrul Rozi - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (945kB)
[thumbnail of BAB-4] Text (BAB-4)
4 Farhan Fachrul Rozi - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (731kB)
[thumbnail of BAB-5] Text (BAB-5)
5 Farhan Fachrul Rozi - BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Sistem pengereman regeneratif adalah salah satu alternatif yang dimiliki kendaraan listrik untuk memanfaatkan sisa putaran mesin menjadi energi tambahan yang digunakan untuk proses charge baterai dan memperpanjang jarak tempuh kendaraan. Untuk mengoptimalkan keluaran sistem regeneratif brake biasanya digunakan rangkaian tambahan seperti boost converter. Penulis tertarik untuk menambahkan modul XL6009 dikarenakan modul tersebut saat ini seringkali digunakan karena efektifitasnya yang tinggi. Tugas Akhir ini berjudul “Kaji Eksperimental : Regenerative Brake pada motor BLDC” akan membahas tentang kegiatan eksperimental terkait sistem pengereman regeneratif yang dilakukan dengan metode pengujian statis. Simulasi kondisi jalan dilakukan dengan cara menghubungkan motor penggerak AC satu fasa berdaya 200W dengan motor BLDC berdaya 350W dan tegangan 36V, dengan kecepatan putaran relatif konstan. BLDC berfungsi sebagai generator yang mengonversi sebagian energi kinetik dari motor penggerak menjadi tegangan, dan membantu perlambatan kendaraan. Untuk meningkatkan efisiensi pengisian baterai dari energi regeneratif, digunakan modul boost converter XL6009 untuk menstabilkan energi listrik yang dihasilkan. Hasil uji coba menunjukan pada saat pengujian tanpa beban, tegangan yang dapat dihasilkan rata-rata memiliki nilai 45.75V dan rata-rata kecepatan putaran 949 RPM. Kemudian pada saat diberi beban charging baterai rata-rata tegangan daya yang dihasilkan senilai 15.31 W dengan tegangan 23.6 V dan arus 0.64 A dari ratarata 472.45 RPM atau penurunan putaran sebesar 50.26%. Penambahan modul boost converter XL6009 mengakibatkan penurunan yang lebih signifikan, rata-rata dinilai 287.58 RPM yakni penurunan sebesar 69.75%.

Item Type: Laporan Karya Tulis Ilmiah (D4)
Uncontrolled Keywords: Regenerative Brake, BLDC Motor-Generator, Boost converter XL6009.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika > S.Tr. Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi
Depositing User: user perpus
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:15
Last Modified: 24 Apr 2025 03:15
URI: https://repositori.polman-bandung.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item