Atsaldi, Fathan Ghani (2024) Analisis Efektivitas Sistem Penggerak Mobil Listrik 48v 850w. S.Tr. Laporan Karya Tulis Ilmiah, Politeknik Manufaktur Bandung.
![[thumbnail of BAB-1]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 KTI_220411007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (626kB)
![[thumbnail of BAB-2]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2 KTI DAN TA_Fathan Ghani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (556kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB-3]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3_KTI_Fathan Ghani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (584kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB-4]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4 KTI DAN TA_Fathan Ghani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (511kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB-5]](https://repositori.polman-bandung.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5 KTI DAN TA_Fathan Ghani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dalam perkembangan dunia yang semakin maju, dunia otomotif juga mengalami kemajuan teknologi guna memenuhi permintaan pasar namun tetap melakukan riset dan penelitian untuk mengatasi permasalahan yang masih belum terselesaikan seperti upaya penghematan bahan bakar. Maka dari itu hadirlah mobil listrik sebagai upaya mengurangi kelangkaan energi. Penelitian ini berfokus pada analisis efektivitas sistem penggerak mobil listrik dengan spesifikasi 48V dan 850W. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi performa mobil listrik 48V 850W dalam berbagai kondisi operasional. Penelitian ini mencakup analisis kecepatan maksimal, akselerasi, dan konsumsi daya pada berbagai medan jalan dan kondisi cuaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motor BLDC 850W memiliki efisiensi yang tinggi dalam konversi energi listrik menjadi tenaga mekanik, sementara baterai LiFePo4 mampu memberikan performa yang stabil dan mendukung kebutuhan energi mobil listrik dalam jangka waktu tertentu. Analisis juga menunjukkan bahwa faktor eksternal seperti medan jalan dan kondisi cuaca mempengaruhi kinerja mobil listrik, namun sistem penggerak tetap menunjukkan performa yang stabil. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa mobil listrik dengan spesifikasi yang diteliti memiliki potensi yang signifikan sebagai alternatif transportasi yang berkelanjutan. Namun, untuk peningkatan lebih lanjut, disarankan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi baterai yang lebih baru, mengurangi berat kendaraan dengan material ringan, mengoptimalkan sistem pengisian daya, dan mengintegrasikan sistem pengereman regeneratif.
Item Type: | Laporan Karya Tulis Ilmiah (S.Tr.) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobil listrik, Sistem penggerak, Motor BLDC, Baterai LiFePo4 |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Jurusan Teknik Manufaktur > S.Tr. Teknologi Rekayasa Manufaktur |
Depositing User: | user perpus |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 09:16 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 09:16 |
URI: | https://repositori.polman-bandung.ac.id/id/eprint/316 |